Dua kecelakaan lalulintas pada awal tahun 2007 sangat memperihatinkan. Yang pertama kecelakaan lalulintas laut yang menimpa kapal laut Senopati Nusantara, yang kedua kecelakaan Pesawat Adam Air. Keduanya diduga terjadi pada waktu yang berdekatan di kawasan yang sama berdekatan juga di laut Utara Jawa, dan yang satu di seputar Masalembo.
Duapuluh enam tahun yang lalu KM Tampomas II terbakar di laut dan karam pada tanggal 27 Januari 1981. Ah kenapa pada bulan-bulan yang sama ya? memang bulan-bulan ini merupakan bulan-bulan puncak perubahan musim seantero Indonesia yang kepulauannya berada di sekitar katulistiwa.
Tetapi kenapa kejadian kecelakaan ini di lokasi yang kira-kira sama? Ah jangan-jangan barangkali mungkin saja.
Pulau Masalembo sebenarnya sebuah pulau kecil yang berada di ujung Paparan Sunda. Pulau-pulau kecil ini berada di daerah âpertigaanâ laut yaitu laut jawa yang berarah barat timur dan selat Makassar yang memotong berarah utara-selatan.
Pola kedalaman laut di Segitiga Masalembo ini sangat jelas menunjukkan bentuk segitiga yang nyaris sempurna berupa segitiga sama sisi. Lihat gambar dibawah.
Pada peta kedalaman laut atau peta bathymetri diatas dapat dilihat adanya bentuk kepulauan yang berbentuk segitiga. Tinggian yang terdiri beberapa pulau-pulau ini saya sebut sebagai âSEGITIGA MASALEMBOâ atau âTHE MASALEMBO TRIANGLEâ. Nah, ada apa saja di daerah seputaran Segitiga Masalembo ini. Coba kita buka-buka dikit-dikit ya. Tapi jangan mengharap banyak dari sisi mistisnya, akan lebih banyak saya urai sisi kebumian dan kelautannya saja
Pertemuan ARLINDO (Arus Laut Indonesia)
Indonesian Throughflow (ARLINDO), indicate the relationship between the relationship between ARLINDO and El-Nino Southern Oscillation (ENSO) (Source, Gordon, A., 1998)
Di atas ini digambarkan arus laut di Indonesia, terutama Indonesia Timur. Coba perhatikan arus yang melewati Segitiga Masalembo ini. Pada bagian atas (garis hijau) menunjukkan air laut mengalir dari barat memanjang di Laut Jawa, berupa monsoonal stream atau arus musiman. Arus ini sangat dipengaruhi oleh cuaca dan musim. Sedangkan dari Selat Makassar ada arus lain dari utara yang merupakan thermoklin, atau aliran air laut akibat perbedaan suhu lautan. Kedua arus ini bertemu di sekitar Segitiga Masalembo.
Yah, tentu saja arus ini akan sangat mempengaruhi pelayaran laut disini. Arus musiman ini sangat dipengaruhi juga oleh suhu air laut akibat pemanasan matahari tentusaja. Kalau anda masih inget bahwa lintasan matahari itu bergerak bergeser ke-utara-selatan dengan siklus tahunan. Itulah sebabnya pada bulan-bulan Januari yang merupakan saat perubahan arus musiman (monsoon).
Apa menariknya dari ARLINDO ini? Arus ini membawa air laut dingin dari Samodra Pasifik ke Samodera Indonesia diduga dengan debit hingga 15 juta meterkubik perdetik!!! Dan hampir keseluruhannya melalui Selat Makassar!
Tentunya aliran air sebesar ini bukan sekedar aliran air saja. Banyak aspek lain yang ikut mengalir dengan aliran air sebanyak itu, misalnya akan terdapat pula aliran ikan-ikan laut, aliran sedimen laut, juga aliran temperatur air. Apa saja efek aliran ini dengan proses kelautannya sendiri? Wah tentunya banyak sekali
Kalau digambarkan secara mudah barangkali profil selat makassar dapat dilihat seperti dibawah ini.
Pada profil dasar selat Makassar diatas terlihat batuan kalimantan dan batuan sulawesi berbeda, kalau masih ingat yang aku tulis tentang pembentukan Patahan-patahan di Jawa di tulisan sebelumnya disini, maka tentunya mudah dimengerti. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan mencolok antara Indonesia barat dengan Indonesia Timur, seperti yg ditulis disini sebelumnya. Kalimantan merupakan bagian dari Paparan Sunda (Indonesia Barat) sedang Sulawesi merupakan bagian dari Indonesia Timur. Nah garis yang membaginya dulu diketemukan oleh Wallace disebut sebagai Garis Wallace (Wallace Line). Garis Wallace ini sebenernya hasil penelitian satwa Indonesia Barat-Timur, namun sebenarnya ada juga implikasi atau manifestasi dari aspek geologis (batuan penyusunnya).
Dari Batuannya kita tahu bahwa dibawah selat makasar ini terdapat tempat yang sangat kompleks geologinya, diatasnya terdapat selat Makassar yang juga memilki karakter khusus di dunia ini dimana mengalirkan air yang sangat besar.
Apa yang terlihat lagi? Ya tentunya ada aspek meteorologis yang memisahkan antara daerah diatas air dengan daerah diatas daratan yaitu awan. Awan merupakan fenomena khusus yang paling banyak dijumpai diatas daratan. Itulas sebabnya kalau sedang di tengah laut coba tengok ke atas, carilah awan. Awan yang berarak akan lebih banya terdapat di daratan ketimbang di atas lautan seperti gambaran diatas.
Apa lagi selain awan?
Angin, ya angin juga akan berhembus karena perbedaan tekanan udara panas. Pada malam hari saat bertiupnya angin darat, para nelayan pergi menangkap ikan di laut. Sebaliknya pada siang hari saat bertiupnya angin laut, para nelayan.
Perubahan angin darat laut karena suhu ini berubah dalam siklus harian, namun tentunya ada juga siklus tahunannya atau disebut siklus monsoon. Looh Monsoon, kok sepertinya juga ada monsoonal stream yang ada di Arlindo digambar atas. Ya, memang itulah siklus-siklus arus angin, siklus air itu bertemu bercampur di segitiga Masalembo ini. Runyem kan?
Seringkali daerah Segitiga Bermuda dihubungkan dengan kondisi magnetisme. Adakah peta magnetik daerah Segitiga Masalembo ini?
Kalau dibandingkan dengan Segitiga Bermuda, lokasi Segitiga Masalembo juga tidak menunjukkan keanehannya. Sepertinya keangkeran segitiga Masalembo ini lebih ditentukan oleh faktor gangguan alamiah yang bukan mistis. Yang mungkin paling dominan adalah faktor meteorologis termasuk didalamnya faktor cuaca, termasuk didalamnya angin, hujan, awan, kelembaban air dan suhu udara yang mungkin memang merupakan manifestasi dari konfigurasi batuan serta kondisi geologi, oceaografi serta geografi yang sangat unik.
Kalau memang Masalembo Triangle ini banyak menimbulkan masalah transportasi (lalulintas), tentunya perlu rambu-rambu lalulintas laut yang lebih canggih ditempatkan di lokasi ini. Tetapi bukan berarti zona terlarang masa sih kita tidak boleh melewatinya sepanjang masa. Misalnya mercusuar khusus, penempatan radar pemantau. Juga yang tak kalah penting penelitian saintifik tentang perilaku arus air laut, serta cuaca di daerah ini.
sumber: http://jelajahunik.blogspot.com/2010/04/segitiga-masalembo-indonesia-yang.html
Powered By: Nyelem.com
Sponsored By: TemanQ.com
Sponsored By: mygies.com
Tags
10 fakta unik
12-12-2012
17 +
5 fakta unik
6 fakta unik
7 fakta unik
8 fakta unik
9 fakta unik
adegan ranjang
ajaib
akhir zaman
alien
alien di bumi
aljabar linear
all about cinta
aneh
anime
antivirus
artis barat
artis china
artis dalam negri
artis dunia
artis hot
artis india
artis jepang
artis lucu
artis pendatang baru
award
babi aneh
banci
banten
Belajar PHP
bencong
berita
berita dewasa
berita indonesia
berita terbaru
berita unik
bertta
bintang film porno
bintang porno jepang
blog tutorial
bocah unik
boneka terseram
buaya panjang 12 m
C++
cantik
cari uang mudah
cewek cantik
cewek facebook
cewek nekat
cewek panggilan
cewek rusia
Cheerleader
Contact
curhat
dapat uang 10 - 15 juta perbulan.
desa terapung
desain unik
dewasa
djarum black competition
f
facebook
fb cewek cantik
fenomena alam
film
film indonesia
finalis miss indonesia 2013
foto artis
foto HOT
foto lucu
foto panas
foto unik
ga
gadis
gadis cantik
gambar artis lokal
gambar artis luar
gambar berbahaya
gambar HOT
gambar lucu
gambar sexy
gambar unik
game
game indonesia
game seru
hack
handphone terbaru
hewan aneh
hewan berbahaya
hewan unik
honey moon
Hujan yang aneh
indonesia unik
IT
jadul
jav
java
jepang
jepang unik
jual septic tank
kamus bencong
kamus waria
kanibal
karya unik
keajaiban Tuhan
keanehan dunia
keberadaan alien
kelakuan pria
kesehatan
keunikan alam
keunikan hewan
keunikan manusia
kiamat
kiamat 2012
koleksi foto tasya djerli
komputer
kota terunik
kota unik
kreatif
kucing berdoa
kuliner
lab Algoritma
laptop jadul
lirik lagu
lorong waktu
luar biasa
luna maya
maho
makanan
makanan aneh
makanan unik
manusia hebat
manusia liliput
manusia raksasa
manusia unik
maria ozawa
materi kuliah
mengapa pesawat sukhoi jatuh? pramugari pesawat sukhoi
mengerikan
Mesin waktu
mey
meydiana sari
miss banten
miss indonesia
miss indonesia 2013
miss indonesia meydi
misteri
mistis
motivasi
nekat
payudara
penampakan alien
Penemuan
pengetahuan umum
penghargaan nobel
penghasilan
penyakit aneh
penyebab pesawat sukhoi jatuh
perwakilan banten
pesawat sukhoi
pesawat sukhoi jatuh
pohon aneh
pria maho
ramalan dunia
ramalan kiamat
renungan
reseller
rin sakuragi
rohani
rumah unik
sejarah
sejarah windows
selebritis
septic tank
septic tank biological
septic tank fiberglas
septic tank modern
septic tank murah
septictank bio
seputar hantu
seram
sora aoi
spiteng fiber
spiteng fibreglass
tahukah anda
tangki septic tank
tato 3D
teknologi terbaru
tikus jadi ayam
tips and trik blog
tips kesehatan
tips unik
tumbuhan unik
tutorial facebook
unik
unik-unik
video porno
waria
windows 8
wisata kuliner
TaTTiTTuT Blog Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger