06 Juni 2011
Sejarah Perkeretapian Indonesia
Sejarah perkeretaapian di Indonesia diawali dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan kereta api di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864, oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh "Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij" (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.
Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen-Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 - 1900 tumbuh dengan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 km, tahun 1870 menjadi 110 km, tahun 1880 mencapai 405 km, tahun 1890 menjadi 1.427 km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 km.
Selain di Jawa, pembangunan rel KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), [[ ]] (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawesi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang-Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, juga pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.
Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang lebih 901 km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.
Jenis jalan rel KA di Indonesia dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah - Cikara dan 220 km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang memperkerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro - Pekanbaru.
Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam "Angkatan Moeda Kereta Api" (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 28 September 1945, pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada ditangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperkenankan lagi campur tangan dengan urusan perkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya "Djawatan Kereta Api Republik Indonesia" (DKARI).
Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) namanya diubah sejak tanggal 15 September 1971 menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Pada tanggal 2 Januari 1991, PJKA diubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka), dan sejak tanggal 1 Juni 1999 menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero).
sumber: http://jelajahunik.blogspot.com/2010/04/sejarah-perkeretapian-indonesia.html
Powered By: Nyelem.com
Sponsored By: TemanQ.com
Sponsored By: mygies.com
Tags
10 fakta unik
12-12-2012
17 +
5 fakta unik
6 fakta unik
7 fakta unik
8 fakta unik
9 fakta unik
adegan ranjang
ajaib
akhir zaman
alien
alien di bumi
aljabar linear
all about cinta
aneh
anime
antivirus
artis barat
artis china
artis dalam negri
artis dunia
artis hot
artis india
artis jepang
artis lucu
artis pendatang baru
award
babi aneh
banci
banten
Belajar PHP
bencong
berita
berita dewasa
berita indonesia
berita terbaru
berita unik
bertta
bintang film porno
bintang porno jepang
blog tutorial
bocah unik
boneka terseram
buaya panjang 12 m
C++
cantik
cari uang mudah
cewek cantik
cewek facebook
cewek nekat
cewek panggilan
cewek rusia
Cheerleader
Contact
curhat
dapat uang 10 - 15 juta perbulan.
desa terapung
desain unik
dewasa
djarum black competition
f
facebook
fb cewek cantik
fenomena alam
film
film indonesia
finalis miss indonesia 2013
foto artis
foto HOT
foto lucu
foto panas
foto unik
ga
gadis
gadis cantik
gambar artis lokal
gambar artis luar
gambar berbahaya
gambar HOT
gambar lucu
gambar sexy
gambar unik
game
game indonesia
game seru
hack
handphone terbaru
hewan aneh
hewan berbahaya
hewan unik
honey moon
Hujan yang aneh
indonesia unik
IT
jadul
jav
java
jepang
jepang unik
jual septic tank
kamus bencong
kamus waria
kanibal
karya unik
keajaiban Tuhan
keanehan dunia
keberadaan alien
kelakuan pria
kesehatan
keunikan alam
keunikan hewan
keunikan manusia
kiamat
kiamat 2012
koleksi foto tasya djerli
komputer
kota terunik
kota unik
kreatif
kucing berdoa
kuliner
lab Algoritma
laptop jadul
lirik lagu
lorong waktu
luar biasa
luna maya
maho
makanan
makanan aneh
makanan unik
manusia hebat
manusia liliput
manusia raksasa
manusia unik
maria ozawa
materi kuliah
mengapa pesawat sukhoi jatuh? pramugari pesawat sukhoi
mengerikan
Mesin waktu
mey
meydiana sari
miss banten
miss indonesia
miss indonesia 2013
miss indonesia meydi
misteri
mistis
motivasi
nekat
payudara
penampakan alien
Penemuan
pengetahuan umum
penghargaan nobel
penghasilan
penyakit aneh
penyebab pesawat sukhoi jatuh
perwakilan banten
pesawat sukhoi
pesawat sukhoi jatuh
pohon aneh
pria maho
ramalan dunia
ramalan kiamat
renungan
reseller
rin sakuragi
rohani
rumah unik
sejarah
sejarah windows
selebritis
septic tank
septic tank biological
septic tank fiberglas
septic tank modern
septic tank murah
septictank bio
seputar hantu
seram
sora aoi
spiteng fiber
spiteng fibreglass
tahukah anda
tangki septic tank
tato 3D
teknologi terbaru
tikus jadi ayam
tips and trik blog
tips kesehatan
tips unik
tumbuhan unik
tutorial facebook
unik
unik-unik
video porno
waria
windows 8
wisata kuliner
TaTTiTTuT Blog Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger